Mebersihkan Sality

Membersihkan Virus W32.Sality.AE
Kemarin ada yang bertanya kepadaku via YM, bagaimana cara membersihkan Virus W32.Sality.AE yang menyerang komputernya. Tulisanku terdahulu tentang Norman Malware Cleaner, membahas tentang Norman Cleaner yang mendeteksi banyak sekali file .exe di komputerku yang terinfeksi oleh virus W32.Sality.AE tersebut. Tetapi malah pada akhirnya, Norman Malware Cleaner itu sendiri juga terinfeksi. Dan setelah itu, memang aku biarkan saja komputerku ini menjadi sarang Sality, hehe.
removal tool dari symantec untuk membersihkan virus salityGara-gara kemarin ada yang bertanya tentang cara membersihkan Virus W32 Sality ini, aku pun jadi tergerak untuk mencari caranya sampai ketemu, malu kan ditanya begitu gak bisa jawab, hehe. Googling kesana kesini, banyak sekali Tips dan Trik membasmi Virus W32 Sality AE ini, tapi kebanyakan harus dijalankan dalam keadaan Safe Mode, padahal komputerku sendiri gak bisa masuk Safe Mode, mungkin udah dirusak oleh virus tersebut. Cara lain adalah dengan scan lewat komputer lain di dalam jaringan, atau mencopot hardisk yang terinfeksi virus sality untuk di scan dengan komputer lain yang masih sehat. Atau Install ulang Windowsnya, hihihi, jurus pamungkas nih, tapi masih banyak juga yang mengeluh, udah install ulang berkali-kali virus ini tetap saja muncul.

Akhirnya hari ini, aku menemukan sebuah Removal Tool yang sukses kujalankan di komputerku dan membersihkan Virus W32.Sality.AE yang ada, tanpa harus melalui Safe mode. Nama toolnya yaitu Symantec W32.Sality.AE Removal Tool 1.0.0, bisa di download di situs Symantec.com atau dari sini. Tapi sebelum aku menjalankan Symantec Removal Tool ini, aku hapus-hapusin semua file yang terdapat di folder Restore yang ada di dalam folder System Volume Information. Di setiap partisi hardisk pasti ada folder System Volume Information ini, kalau cuma ada C aja gak dipartisi lagi ya berarti cuma ada satu saja di C tersebut, tinggal klik Folder Option ->Show Hidden File, dan juga Service Hide Protected Storage dimatikan, maka folder ini akan kelihatan, dan untuk bisa membukanya, maka harus ditambahkan akun kita, bisa Administrator atau Everyone sekalian, biar gampang, karena defaultnya hanya akun System yang memiliki kewenangan, yang bisa membuka folder System Volume Information ini. Kemudian centang Full Control sehingga kita bisa menghapus semua file di folder Restore yang ada di dalam System Volume Information tersebut. Selain itu dalam menjalankan scanning, Service System Restore juga harus dimatikan.

Aku juga kurang tahu apakah hal tersebut berpengaruh atau tidak terhadap keefektifan Symantec W32.Sality.AE Removal Tool ini. Tapi begitu aku tadi download tool tersebut, dan aku jalankan, semua file yang masih terinfeksi oleh virus W32 Sality AE bisa di clean dan registry yang rusak juga bisa di repair. Task Manager yang sebelumnya di disable, sudah bisa berjalan normal dengan Ctrl+Alt+Del. Regedit yang di disable juga sudah normal lagi. Ya mungkin bagi yang kemarin nanya tentang bagaimana membersihkan Virus W32.Sality.AE ini bisa mencoba Removal Tool dari Symantec ini, dan semoga saja bisa membersihkan semua virus Sality yang menjangkiti komputer anda. Tapi, kalau masih belum bisa di fix juga ya, nyari cara lain lagi bos, hihi, tapi dengan Symantec Removal Tool ini, komputerku sudah bisa dibersihkan dari Virus W32.Sality.AE, aku coba scan pake Norman Malware Cleaner lagi, juga sudah tidak ada virusnya, bersih.

~ by Rach on October 13, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: